Iklan

Hasil gambar untuk begu ganjang

Teks Karo - Hantu begu ganjang berasal dari sumatera, jika di artikan Begu memiliki makna roh atau hantu. Sementara Ganjang artinya Tinggi atau Panjang. jadi hantu ini adalah sosok yang tinggi dan besar.

menurut cerita yang beredar di mayarakat begu ganjang di jaman lampau sengaja di pelihara warga dengan tujuan untuk membuat kekayaan. konon, begu memiliki banyak jenis. namun di sumatera terutama di tanah karo begu yang paling terkenal adalah begu ganjang dan yang paling di takuti.

hal itu dikarenakan kepercayaan masyarakat pada sosok begu ganjang yang konon di pelihara untuk niat tidak baik. mencelakakan orang lain atau bahkan untuk sumber kekayaan. nah konon asal mula begu ganjang adalah dari organ bayi.

jadi jika seseorang menginginkan sesuatu lewat hantu begu ganjang maka dia harus membongkar kuburan bayi hasil aborsi atau keguguran dan di ambil organ dalamnya. jadi sebelum tujuh hari organ bayi tersebut di curi oleh dukun kemudian dibangkitkan kembali dengan ilmu hitamnya sehingga menjadi hantu begu ganjang.

hingga saat ini mitos keberadaan bagu ganjang membuat ketakutan masyarakat. menurut cerita mahluk mistis beguganjang dapat dipelihara warga pada awalnya dulu mereka digunakan sebagai penjaga pertanian dan perkebunan dari hasil pencurian.

namun karena keserakahan manusia sehingga dijadikan pesuruh untuk mencari harta kekayaan dengan jalan yang sesat. berbeda dengan tuyul yang hanya di suruh untuk mencuri. begu ganjang dapat mendatang kan panglaris dan kekayaan. namun sering meminta tumbal nyawa manusia.

selain itu juga dapat digunakan untuk mencelakakan orang yang sama halnya dengan ilmu santet. begu ganjang digambarkan sebagai sosok gaib yang memiliki wujut yang sangat mengerikan konon dia memiliki tubuh yang tinggi dan besar.

bahkan menurut legenda yang diceritakan, begu ganjang bisa mengubah dirinya semakin besar dan semakin tinggi dipercaya jika makluk ini sering berada di pucuk-pucuk pepohonan yang tinggi. orang yang bertemu dan melihat langsung sosok begu ganjang akan jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia.

telepas dari benar atau tidaknya sosok yang menyeramkan ini, kita sebagai manusia haruslah berhati-hati dalam banyak hal. percaya atau tidak legenda atau mitos makluk ini tergantung pada hati masing-masing

source: youtube ella haryani


SHARE
Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post